Pesona Objek Wisata Kintamani Bali

admin

27 May 2018

No Comments

Kintamani adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia. Kintamani juga merupakan kawasan wisata pemandangan pesona alam di Bali, Indonesia. Objek Wisata Kintamani Bali merupakan salah satu dari sekian Daftar Objek Wisata di Bali serta highlight wisata yang terkenal di dunia,

daya tarik utama objek wisata ini terletak pada pesona alam pemandangan Gunung Batur, Danau Baturnya dan masih banyak lainnya. Pemandangan dan kenikmatan alam merupakan aktivitas yang disukai wisatawan saat ke pulau bali, baik wisatawan lokal maupun asing untuk mengekplor keindahan pesona dan kekayaan wisata alam kintamani.

PESONA ALAM WISATA KINTAMANI BALI

Pasti ada pertanyaan “Apa sih.. yang menarik dari Wisata Kintamani Bali?”

Jika dibenak anda memiliki pertanyaan tersebut, tentunya hal itu wajar sebab ada pepatah bilang “Tak kenal maka tak sayang”. Dalam halaman ini yuk kita cari tahu apa yang menarik dari berwisata ke Kintamani. Sebelumnya yuk kita sepakat dulu bersama bahwa keramahan lokal dari penduduk Bali itu sendiri yang membuat banyak orang ingin pergi kembali ke Pulau sejuta daya tarik ini. Hal ini tidak terlepas demikian pula pada Kintamani, masyarakat lokal kintamani selalu menyambut wisatawan dengan ramah, seakan mereka paham betul ini adalah modal paling utama yang membuat orang akan terkesan setelah kira-kira 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar untuk sampai di kawasan wisata kintamani ini.

Ditempuh dengan jarak 68 kilometer dari Denpasar, Kintamani adalah pemandangan kawasan pegunungan yang berada di ketinggian 1.500 m dari permukaan laut. Dengan pemandangan alamnya yang sangat unik dan menakjubkan, tempat yang biasa disebut Penelokan yang sesuai dengan namanya dalam bahasa Bali yang berarti “tempat untuk melihat-lihat” merupakan lokasi yang paling strategis untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

Adapun 5 Objek Pesona Wisata Alam Kintamani yang menjadi favorit wisatawan ketika mengunjungi Kintamani adalah sebagai berikut di bawah ini. Dan kali ini saya tidak membahas Penelokan Kintamani karena Penelokan adalah salah satu tempat yang sudah Umum dan yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan ke Kintamani.

Info: Desa Penelokan ini adalah stop point / Makan siang saat kunjungan anda saat mengikuti Paket Wisata Bali Kintamani Tour (Disini terdapat banyak restoran buffet dengan akses langsung venue untuk melihat pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur sambil santap siang.

1. DANAU BATUR

Danau Batur ini terletak di Desa Penelokan Utara berjarak 10 km atau 25 menit menurun dari Penelokan atas yang biasa menjadi tempat wisata kintamani bali atau stop point-makan siang wisatawan (Restaurant: Lake view– Grand Pancasari2 dan lainnya). Berada di lereng Gunung Batur danau ini berbentuk bulan sabit jika di lihat dari ketinggian.

Memiliki kaldera aktif yang terindah di dunia, dengan luasan mencapai 16,6 kilometer persegi, Danau Batur Kintamani merupakan danau terbesar yang ada di pulau Bali dan Danau kaldera terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau kaldera batur berbentuk bulan sabit ini terbentuk oleh serangkaian letusan dahsyat. Letusan itu turut membentuk seluruh landscape Pulau Bali. Awal pertama terbentuk danau ini akibat letusan Gunung Batur pertama yang diperkirakan terjadi sekitar 29.300 tahun lalu, diawali dengan muntahan 84 kilometer kubik ignimbrit (material vulkanik). Tahukah anda warna air yang ada di Danau Batur Kintamani ini bisa berubah ubah dipengaruhi oleh senyawa belerang yang ada di dasarnya sehingga terkadang terlihat kebiruan lalu berubah menjadi hijau kekuningan.

02. GUNUNG BATUR

Tadi kita sudah membahas tentang Danau Batur dalam Wisata Kintamani Bali yang terbentuk akibat letusan Gunung Batur. Dan kali ini kita akan membahas Gunung batur itu sendiri.

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m – 2152 m (puncak G. Abang).

Gunung Batur tercatat telah meletus sebanyak 26 kali dan paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus dan berakhir 21 September 1926. Letusan Gunung Batur itu membuat aliran lahar panas menimbun Desa Batur dan Pura Ulun Danu Batur.

Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Sang Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (Istana Dewi Danu), tidak menepis kemungkinan tersebutlah yang membuat Gunung Batur memiliki sejuta pesona keindahan.

Gunung Batur biasanya sering digunakan sebagai tempat hiking untuk para pendaki gunung batur yang ingin merasakan dan melihat keindahan matahari terbitnya di ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut. Begitu pula dengan hamparan bebatuan hitam bekas letusannya pun sangat sangat menarik dijadikan lokasi pemotretan foto pre wedding.

03. DESA TRUNYAN

Dalam Wisata Kintamani Bali selanjutnya adalah Desa Trunyan terletak di pinggiran Danau Batur atau di Barat kaki Bukit Abang di Kintamani. Desa Trunyan adalah salah satu destinasi Wisata di Bali yang sangat unik, desa trunyan adalah sebuah desa yang ditinggali oleh penduduk asli pulau Bali yang biasa disebut dari “Bali Aga” dengan aspek keunikan budayanya.

Arti nama dari Desa Trunyan dibagi menjadi ke dalam dua kata yaitu “Taru” dan “Menyan”. Taru adalah “Pohon” atau Tumbuhan kehidupan sedangkan Menyan merupakan ”wewangian”. Jadi, arti kata Trunyan adalah wewangian yang harum yang keluar dari Pohon Taru. Keberadaan pohon Tarunyan di sana lah yang menetralisir bau busuk yang ditimbulkan dari mayat yang menjadi daya tarik wisatawan akan tradisi budaya unik Bali Aga penduduk asli pulau bali.

Keunikan dari Desa ini ialah cara penguburan mayatnya yang sama sekali tidak dikubur melainkan di baringkan atau diletakkan tanpa dikubur di bawah pohon besar bernama Taru Menyan, di sebuah lokasi bernama Sema Wayah (bagi yang warga yang meninggal secara wajar). Sebab di desa trunyan ini ada 3 tempat prosesi penguburan menurut tiga jenis kematian yang berbeda, secara wajar, tidak wajar dan penguburan bayi dan anak kecil, atau warga yang sudah dewasa tetapi belum menikah, akan diletakan di Sema Muda (Rumah Miarta Yasa).

Meski bisa dibilang objek Wisata kintamani bali trunyan ini sedikit menyeramkan tapi banyak wisatawan yang berkunjung kesana baik lokal maupun mancanegara, mengenal lebih jauh akan kekayaan budaya negeri tercinta Indonesia.

04. TOYA BUNGKAH

Objek Wisata Kintamani Bali Toya Bungkah adalah tempat pemandian air hangat. Objek Wisata Toya Bungkah Kintamani ini telah dikelola oleh Desa Pekraman Batur yang kemudian diberi nama Batur Natural Hot Spring.

Di objek Wisata ini pengunjung bisa menikmati sensasi berendam dan mandi di pancuran air panas yang bersuhu 39-39 derajat celcius. Di Toya Bungkah Kintamani ini anda dapat melihat pemandangan Danau Batur lebih dekat dengan hamparan air danau tepat di depan kolam tempat anda berenang.

Pemandian Toya Bungkah Kintamani terdapat 4 jenis kolam yaitu :

  • Kolam air panas untuk anak diperuntukan untuk anak-anak dengan kedalaman kolam tidak lebih dari 80 cm.
  • Kolam Natural Therapy Hot Spring Water, kolam mini untuk terapi air panas. Di kolam ini tersedia pancuran air panas dengan suhu air sekitar 38° – 40° Celcius dan anda dapat memposisikan diri terhadap jatuhnya pancuran air panas di bagian tubuh anda.
  • Kolam Floating Sunburn. Bagi anda yang suka berendam sambil berjemur maka kolam Floating Sunburn cocok untuk anda, biasanya kola mini digemari wisatawan asing.
  • Dan yang terakhir Kolam Umum untuk Berenang.

05. PURA ULUN DANU BATUR

Jika kita mencari Pura Ulun Danu di google map dengan mengetikkan kata kunci “Pura Ulun Danu” maka anda akan mendapati dua tempat yang berbeda di hasil pencarian.

  • Pura ulun danu terletak di dekat danau beratan kecamatan baturiti tabanan,
  • Pura ulun danu yang terletak di dekat danau batur daerah kintamani.

Iya, memang namanya sama-sama mempunyai arti “Pura yang terletak dihulu sebuah danau” akan tetapi tempat dan lokasinya berbeda tentu keberadaan pura ini pun berbeda. Pura Ulun Danu Batur letaknya tidak tepat di pinggiran danau seperti Pura Ulun Danu di Beratan, namun dari pura ini pun anda masih bisa melihat indahnya danau batur dan gunung batur sekaligus.

Perjalanan dilanjutkan kearah utara dari Kintamani untuk menuju ke Pura Ulun Danu Batur, berlokasi di desa kalanganyar kecamatan kintamani bangli atau tepatnya di pinggir jalan singaraja-denpasar. Dulunya pura ini terletak di lereng barat daya gunung batur, namun setelah bencana gunung batur meletus di tahun 1917 mengakibatkan areal pura ini hancur. Namun masih ada satu buah pelinggih yang tetap berdiri kokoh menjulang keatas hingga sekarang.

Wisatawan yang gemar dengan objek-objek wisata seni arsitektur yang bernilai sejarah akan merasa senang berada di pura tempat suci umat hindu bali, opsi wisata kintamani bali ini sangat cocok buat anda. Inipun karena Pura Ulun Danu Batur ini sangatlah megah dan besar, terdapat banyak candi bentar yang menjulang tinggi nan megah dan berbagai macam meru yang memiliki tingkat yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Categories

Paket Tour Bali